Pages

Jumat, 16 November 2012

Media Card (Memory Card Tidak Terdeteksi) di Blackberry

Sedang mengalami Memory Card atau Media Card di Blackberry tidak terdeteksi? Kemarin dengan tiba-tiba BB saya atau Blackberry setelah mengalami error yang entah kenapa menjadikan Media Cradnya tiba-tiba tidak terdeteksi setiap kali saya menon aktifkan smartphone tsb dan mengaktifkannya kembali selalu saja ada tulisan "Media card broken do you want to repair?" dan setiap kali saya klik repair setiap kali itu juga selalu ada keterangan repair failed. Akhirnya minta tolong teman dan beberapa kali banyak diagnosa dari teman-teman.

Saya akhirnya mencoba memasukan memori card saya ke handphone lain, handphone teman yang mereknya nokia, memori card saya terdeteksi tapi memori card teman dari handphone nokia tersebut tidak terdeteksi. Lalu saya coba sambungkan kabel data dengan blackberry saya yang didalamnya saya masukkan memori card yang kata si blackberry tersebut broken, ternyata komputer saya tidak menerima padahal waktu dulu awal saya pernah menyambungkan blackberry saya dengan komputer dan selalu terdeteksi. Saya coba masukkan memori cardnya dengan card reader dan terdeteksi. Setelah akhrnya browsing diinternet dan menemukan pembahasan tentang media card yang rusak  berbagai cara sudah saya coba dan tidak sukses akhirnya menemukan informasi bahwa kalau semua cara yang dilakukan sudah dilakukan tapi tidak berhasil berarti yang rusak adalah software BB tsb dan untuk reparasi diperlukan biaya sekitar 100 ribu ke atas, entah kenapa dipikiran saya ada salah satu cara yang belum saya coba.

Akhrnya bermodalkan nekat saya coba hal ini :
1. Saya masukan memori card ke card reader
2. Saya klik kanan klik explore(atau windows exploler)
3. Removable disk untuk memori card saya waktu itu ada di disk J, jadi saya klik kanan di disk J(Removable Disk)  lalu saya pilih menu properties.
4. Di menu propertiesnya ada : General, Tools, Hardware, Sharing dan Quota , lalu saya pilih menu Tools
5. pilih menu Error checking di tools dan ada keterangan this option will check the volume for errors dan saya pilih (Check Now)
6. lalu muncul tulisan Check Disk Data yang dibawahnya ada check this options, ada 2 pilihan , yaitu :
     -automatically  fix file system errors
     -scan for and attempt recovery of bad sectors
saya ceklis keduanya dan tekan ok
7. VOILAAAAA.... ketika semua proses selesaiii memori saya kembali terdeteksi oleh blackbery dan tidak ada satupun data yang hilang :) 

Hanya ada satu hal yang terasa janggal entah kenapa file musik saya yaitu lagu Sandy sandoro favorit saya yang berjudul Malam biru ditengahnya berubah jadi lagu billionare Bruno Mars? Padahal tadinya tidak.. mungkin inilah salah satu dampak dari error media card tersebut :) tapi tidak masalah :) yang penting semua kembali....


Ini tips dari saya silahkan mencoba :) Semoga suksesssss

7 komentar:

Karina Mayasari mengatakan...

makassiiiiiiiiih bgt yaaaaaa...akhirnya bisa terselamatkan file2 sya,,untung belum ganti memori cardnya

adit git mengatakan...

thanks mbak :)

Ice mengatakan...

yup yup happy to share with all of u dear :)

mylitleusagi mengatakan...

haii makasih buat infonya,,,
barusan berhasill

pratiwi mengatakan...

makasihh ya > aku udahh mencobanya .suksess^^

Ice mengatakan...

okee sama-samaaa.......:)

Ice mengatakan...

man teman, di beberapa case... kl memang memory cardnya sudah broken parah, biasanya walaupun dgn cara ini atau di install ulang memory cardnya tetep ga berfungsi.. kl sudah di hapus filenya juga ga bisa.. maaf, kl sudah begini sepertinya anda harus ganti memory..

Poskan Komentar